top of page

Market Research Group

Public·11 members

Kelebihan Dan Kelemahan Teori Model Hirarki Kebutuhan Menurut Abraham Maslowl Fix



Gustinerz.com Kebutuhan dasar manusia adalah hal-hal seperti makanan, minuman, air, keamanan, dan cinta merupakan hal yang penting untuk bertahan hidup dan kesehatan. Hirarki kebutuhan dasar manusia menurut Abraham Maslow adalah sebuah teori yang dapat digunakan perawat untuk memahami hubungan antara kebutuhan dasar manusia pada saat memberikan perawatan.




Kelebihan Dan Kelemahan Teori Model Hirarki Kebutuhan Menurut Abraham Maslowl


Download Zip: https://www.google.com/url?q=https%3A%2F%2Furlcod.com%2F2ua9HG&sa=D&sntz=1&usg=AOvVaw0mr8-ilBsyGoNrKdktrYR_



Kebutuhan-kebutuhan individu dapat mempengaruhi pilihan karir individu tersebut. Dalam hal ini Roe berpijak kepada teori kebutuhan yang dikemukakan oleh Maslow. Menurut Lee E. Isaacson (1986), secara hirarki Maslow menyebutkan delapan motif kebutuhan individu, yaitu:


Abraham Maslow dikenal sebagai pelopor aliran psikologi humanistik. Maslow percaya bahwa manusia tergerak untuk memahami dan menerima dirinya sebisa mungkin. Teorinya yang sangat terkenal sampai dengan hari ini adalah teori tentang Hierarchy of Needs (Hirarki Kebutuhan). Menurut Maslow, manusia termotivasi untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan hidupnya. Kebutuhan-kebutuhan tersebut memiliki tingkatan atau hirarki, mulai dari yang paling rendah (bersifat dasar/fisiologis) sampai yang paling tinggi (aktualisasi diri).


Dalam prosesnya teori Maslow menjelaskan bahwa tingkatan kebutuhan hirarki diatas dapat dicapai setiap manusia secara bertahap. Suatu tingkatan kebutuhan memerlukan pemuasan yang optimal apabila ingin berpindah ke tingkatan selanjutnya. Sifat statis teori ini mengindikasikan bahwa orang akan terus menerus berupaya memenuhi tingkatan kebutuhanya yang belum terpenuhi hingga puas dan tidak memotivasi dirinya lagi. Jika keadaan sudah puas terjadi orang akan berpindah ke kebutuhan selanjutnya yang nilai kepuasanya lebih tinggi dan memerlukan upaya yang lebih tinggi lagi. Begitulah seterusnya hingga manusia mencapai kepuasan tertinggi yaitu kebutuhan aktualisasi diri di masyarakat.


Salah satu tokoh psikologi yang mengembangkan suatu model hirarki kebutuhan dan sampai saat ini masih digunakan dalam kehidupan sehari-hari adalah Abraham Harold Maslow. Beliau lahir di Brookolyn New York, 1 april 1908, menjabat sebagai ketua departemen psikologi dan konsen dalam mengembangkan psikologi humanistic.Hierarchy of needs atau hirarki kebutuhan digambarkan dalam sebuah piramida untuk menvisualisasikan pemikirannya. Piramida tersebut dibagi menjadi 5 tahap besar;


Kesimpulan Dari penjelasan di atas dapat kita tarik kesimpulan bahwa teori hirarki kebutuhan yang dikembangkan oleh Abraham Maslow masih digunakan sampai saat ini, bahkan dengan adanya hirarki tersebut memudahkan manusia mengenal kebutuhan apa yang harus dipenuhi terlebih dahulu sebelum memenuhi kebutuhan yang lebih tinggi. Faktor-faktor pemenuhan kebutuhan juga sangat mempengaruhi apakah kebutuhan sesorang itu dapat dicapai dengan baik atau tidak.


About

Welcome to the group! You can connect with other members, ge...
Group Page: Groups_SingleGroup
bottom of page